Desa Losso Kecamatan Sampaga Menggelar Musrenbang RKPDES Tahun 2023

Koranwantara.com – Mamuju

Musrembang yang di gelar oleh pemerintah desa Losso merupakan kegiatan Musrenbang desa yang terakhir di gelar di kecamatan Sampaga.

Sesuai dengan jadwal kegiatan musrenbang yang telah di tetapkan oleh pemerintah kecamatan sampaga dari 7 desa yang berada dalam wilayah kecamatan sampaga, desa Losso yang terakhir menggelar Musrenbang RKPDES tahun 2023.

Musyawarah adalah Musyawarah Rembug Pembangunan yang disingkat Musrenbang. Musrenbang Desa adalah forum rembug warga desa yang dilakukan untuk membicarakan masalah dan potensi desa agar teridentifikasi dengan baik untuk memberikan arah yang jelas atas tindakan yang layak menurut skala prioritas dan yang dilaksanakan dalam mengatasi masalah atau memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh desa sebagai dasar program kerja pemerintah desa untuk melaksanakan penganggaran dan kegiatan tahunan desa.

Turut hadir dalam acara musrenbang ini. Kepala desa Losso Firman Yahya beserta staf. Camat Sampaga Muh. Yusuf. SH.MH. yang di dampingi oleh Asri Alam. SE. Andi Abraham Baso, Babinsa, Bhabinkamtibmas, kepala Puskesmas Tarailu, Pendamping lokal desa, kepala sekolah sedesa Losso, ketua BPD bersama anggotanya para kepala dusun, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda,karang taruna dan pengurus PKK desa Losso.

Kepala desa Losso, Firman Yahya berharap kepada semua kepala dusun dan BPD agar mengusulkan yang benar benar berskala prioritas, Jumat. 27 / 01 / 2023.

Sambutan kepala desa Losso Firman Yahya. Mengatakan bahwa : Musrenbang RKPDES merupakan program tahunan yang harus di laksanakan setiap tahun, dan sebelum di adakan Musrenbang desa, terlebih dahulu di adakan musrenbang dusun untuk merampungkan semua usulan usulan dari tiap tiap dusun yang berskala prioritas.

Lanjut kades Losso : Ada 9 usulan yang berskala perioritas dari tiap dusun yang di usulkan dan di danai oleh pemerintah kabupaten provinsi dan pusat, yang akan di usulkan di Musrenbang kecamatan nantinya.

Dan untuk BLT sementara ini di rapatkan oleh pemerintah desa bersama BPD untuk di verifikasi dan validasi agar data penerima benar benar akurat, Karena BLT di tahun 2023 bukan lagi BLT yang terdampak Covid 19. Namun BLT untuk masyarakat miskin yang tergolong miskin ekstraim. Pungkasnya.

Sambutan Camat Sampaga Muh. Yusuf. SH. MH. Menyampaikan bahwa : Maksud dan tujuan dari Musrenbang desa Dilaksanakannya model perencanaan partisipatif di tingkat desa yang melibatkan semua komponen masyarakat, lembaga kemasyarakatan, swasta dan pemerintah desa/lembaga pemerintah lainnya yang ada di desa, sedangkan tujuan yang hendak dicapai dengan dilaksanakannya musrenbang desa adalah:

1. Menyepakati prioritas kebutuhan dan masalah yang sangat mendesak untuk direalisasikan dalam bentuk program maupun kegiatan pada tahun perencanaan/ tahun yang akan datang.

2. Menyepakati tim delegasi desa yang akan memaparkan masalah yang menjadi kewenangan daerah yang berada di wilayah desa pada forum musrenbang kecamatan Dalam menentukan kesepakatan prioritas kebutuhan sebagaimana no (1) di atas dihasilkan tiga kesepakatan yang akan menjadi prioritas yaitu :

1. Menyepakati prioritas kegiatan yang akan dilaksanakan oleh desa yang akan dibiayai dari dana swadaya masyarakat dan atau dari pendapatan asli desa (PAD). Kegiatan yang mendesak untuk dilaksanakan dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat banyak, namun kegiatan ini tidak dapat dibiayai dari dana ADD maupun Dana Desa, harus dimasukan sebagai prioritas kegiatan desa yang akan dilaksanakan sendiri oleh desa melalui swadaya masyarakat. Contoh kegiatan pembangunan mesjid/mushalla, penataan tempat pemakaman, pembangunan gapura desa dan lain-lain.

2.. Menyepakati prioritas kegiatan yang akan dilaksanakan oleh desa yang akan dibiayai dari Alokasi Dana Desa (ADD) , Dana Desa (DD).

3. Menyepakati prioritas masalah daerah yang ada di desa yang menjadi kewenangan pemerintah daerah maupun pusat dan akan di teruskan pada musrenbang kecamatan untuk diusulkan menjadi kegiatan yang dibiayai APBD pemerintah daerah kabupaten/kota maupun provinsi.

Lanjut camat Sampaga : menyampaikan bahwa. Peningkatan pelayanan di setiap desa jarus menjadi proritas. Sebagaimana amanah perintah ibu Bupati agar semua Jajaran Pemerintah Kecamatan dan Desa agar memberilan pelayanan terbaik bagi Masyarkat.

Melalui musrembang tahun ini. Yang Di rangkaikan dgn pencegahan Stunting yang di gelar di setiap desa se Ke camatan untuk mengurangi target Sunthing yang ada di kecamatan Sampaga. tutup. Camat Sampaga. Muh. Yusuf.

Acara musrenbang yang di laksanakan oleh pemerintah desa Losso berjalan sukses tertib dan aman. ( Texan Yosafat ).***

Facebook Comments Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *