103 views

Musrenbang desa RKP Des 2023, Desa Tarailu. Kecamatan sampaga . di Hadiri Camat Sampaga.

Koranwantara.com – Mamuju 

Sesuai jadwal yang telah di tentukan oleh pemerintah kecamatan Sampaga, Senin (23/1/2023) Desa Tarailu melaksanakan Musrenbang.  Meski bertepatan dengan hari Imlek dan merupakan hari libur nasional, namun musrenbang Desa Tarailu untuk pembahasan dan penetapan Rencana Kerja Pemerintah Desa Tarailu Tahun Anggaran 2024, dan penetapan daftar usulan rencana kerja pemerintah Desa (RKP DESA) Tahun 2023 tetap dilaksakan.

Musrembang yang dilaksanakan di aula Desa Tarailu, Kecamatan Sampaga Kabupaten Mamuju tersebut di buka dengan resmi oleh kepala desa Tarailu Saharuddin, SE.

Kepala Desa Tarailu. Saharuddin. SE. menjelaskan bahwa musrenbang desa yang hari ini kita laksanakan, merupakan program tahunan desa Tarailu yang setiap tahun di lakukan

Dan sesuai Permen dengan PDTT no.17 tahun 2019 tentang Pedoman Umum Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa untuk melaksanakan pembangunan desa yang partisipatif dan berkesinambungan, serta mensinergikan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa dengan program pemerintah kecamatan dan pemerintah daerah, perlu menyusun pedoman tentang pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, ucapnya.

Saharuddin menjelaskan, selaku kepala desa, dengan adanya musyawarah pembahasan RKP Desa ini merupakan implementasi usulan-usulan yang sudah tertuang di RKP Desa yang bersumber dari aspirasi-aspirasi semua unsur elemen masyarakat desa melalui musrembang dusun. ( Musdus ).

Ada pun yang akan di laksanakan adalah hasil dari verifikasi usulan dari tiap tiap dusun yang bener bener berskala perioritas.

Untuk mengimplementasikannya setelah tertuang di APBDes 2023, diharapkan segala sesuatu kegiatan itu betul-betul terwujud untuk pembangunan dilingkungan Desa Tarailu.

Untuk APBDes 2024 Desa Tarailu, dengan anggaran DD yang di fokus kan pada pemberdayaan dan pembangunan fisik sesuai RKP Des dengan kebijakan yang disesuaikan. tuturnya Saharuddin.SE. Kades Tarailu.

Sebaiknya data disesuaikan dengan data yang benar, apabila meninggal ada yang pindah itu yang dihilangkan, begitu juga Nik Penerima harus ada pencocokan lagi dengan penerima.

Selain itu untuk merealisasikan RKP, kita semua harus selalu berkomunikasi dan koordinasi yang baik antara semua lembaga, mudah-mudahan kita semua selalu diberi kesehatan oleh Allah SWT sehingga RKP Desa 2022 tepat sasaran dan tepat waktu dan alhamdulillah Desa Sukadamai dapat berprestasi di tingkat kabupaten, Pungkasnya.

Sementara itu, Camat Sampaga Muh. Yusuf, SH., MH, dalam sambutannya mengatakan bahwa Musrembang Desa adalah forum rembug warga desa yang dilakukan untuk membicarakan masalah dan potensi desa agar teridentifikasi dengan baik, untuk memberikan arah yang jelas atas tindakan yang layak menurut skala prioritas dan dilaksanakan dalam mengatasi masalah atau memaksimalkan potensi yang dimiliki sebagai dasar program kerja pemerintah desa dalam melaksanakan penganggaran dan kegiatan tahunan desa.

Maksud dan tujuan dari Musrenbang desa adalah dilaksanakannya model perencanaan partisipatif di tingkat desa yang melibatkan semua komponen masyarakat, lembaga kemasyarakatan, swasta dan pemerintah desa/lembaga pemerintah lainnya yang ada di desa. Sedangkan tujuan yang hendak dicapai dengan dilaksanakannya musrenbang desa adalah : 1. Menyepakati prioritas kebutuhan dan masalah yang sangat mendesak untuk direalisasikan dalam bentuk program maupun kegiatan pada tahun perencanaan/ tahun yang akan datang. 2. Menyepakati tim delegasi desa yang akan memaparkan masalah yang menjadi kewenangan daerah yang berada di wilayah desa pada forum musrenbang kecamatan Dalam menentukan kesepakatan prioritas kebutuhan, ujarnya. @ TEXAN

Facebook Comments Box

Leave a Reply

%d bloggers like this: