Wabup hadiri Upacara Peringatan Hari Pancasila 2022 secara Daring

koranwantara.com – Labuhanbatu

Waki Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd., MM. menghadiri Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila serentak melalui secara daring di Ruang Data dan Karya, Kantor Bupati, Rabu (1/6/2022).

Bertindak sebagai inspektur upacara Presiden Joko Widodo memberikan amanat kepada seluruh peserta upacara baik yang menghasiri langsung di Kota Ende maupun yang mengikuti secara daring. Presiden mengajak seluruh anak bangsa di mana pun berada untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Diketahui bahwa tahun ini merupaka pertama kalny Upacara Hari Pancasila dilaksanakan di luar Ibu kota, tepatnya di Kota Ende, Nusa Tenggara Timur. “Kota Ende merupakan kota bersejarah yang menjadi tempat Sang Proklamator Bung Karno merenungkan dan merumuskan Pancasila, Kota Ende, Presiden menyebut Pancasila bukan hanya mempersatukan masyarakat, melainkan menjadi bintang penuntun ketika bangsa menghadapi ujian,” jelas Presiden.

Pada kesempatan ini, Presiden mengingatkan masyarakat harus betul mengamalkan Pancasila dan memperjuangkan untuk mewujudkan sistem masyarakat, kebangsaan, dan kenegaraan. Presiden pun meminta agar ada implementasi tata kelola pemerintahan yang menjiwai interaksi sesama anak bangsa. “Terakhir saya mengajak seluruh pemimpin bangsa, terutama para pejabat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, para pemimpin partai politik, para pemimpin dan tokoh-tokoh ormas dan para pemimpin-pemimpin lainnya untuk menjadi teladan, menjadi contoh dalam aktualisasi nilai-nilai Pancasila, mengajak seluruh masyarakat untuk bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju, mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan,” tutupnya.

Mendampingi Wakil Bupati mengikuti upacara ini, Sekretaris Daerah Kabupaten Labuhanbatu Ir. Muhammad Yusuf Siagian, MMA, Kakankemenag Syafi’i, Perwakilan Polres Labuhanbatu Kabag Log Kom Pol D Sagala, Ketua Darma Wanita Persatuan, Perwakilan pengadilan negeri Afrizal, perwakilan Kejari, Para Asisten, Para Kepala OPD beserta istri , Para Camat beserta istri, Para Kabag, dan undangan lainnya. (zulkarnain)

Leave a Reply

%d bloggers like this: