Antisipasi Penyebaran Virus LSD , Dinas Peternakan Akan Gelar Sosialisasi Ke Peternak Di Labuhanbatu

koranwantara.com – Labuhanbatu

Dinas Peternakan akan sosialisasikan vaksin hewan mulai minggu ini tahun 2022 guna mengantisipasi penyebaran virus Lumpy Skin Disease (LSD) pada sapi .

“Lumpy Skin Disease (LSD) adalah penyakit kulit infeksius yang disebabkan oleh Lumpy Skin Disease Virus (LSDV) yang merupakan virus bermateri genetik DNA dari genus Capripoxvirus dan famili Poxviridae, dan umumnya menyerang hewan sapi dan kerbau.

Plt Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Labuhanbatu Leli saat di konfirmasi awak media melalui via selluler terkait vaksin hewan sapi dan kerbau, Jumat, (13/5/22 ) mengatakan, untuk vaksin hewan sapi dan kerbau kita belum dapat mungkin bulan depan baru dapat.

Ini saya masih di medan mengikuti rapat bersama gubernur terkait vaksin hewan ,karena untuk saat ini Kabupaten Labuhanbatu kita tidak boleh menerima hewan lembu dari aceh, namun untuk mengantisipasi kita akan memberikan vitamin hewan dulu kepada peternak.

Selanjutnya, Plt Kadis Peternakan Leli mengatakan kita akan sosilisasikan ke peternak mengenai vaksin hewan dalam waktu dekat ini.

Di ketahui LSD menyebabkan luka pada kulit, demam, kehilangan nafsu makan, penurunan produksi susu, dan dapat menyebabkan kematian.

vaksin dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus LSD tersebut sedangkan pengadaan vaksin dilakukan oleh pemerintah pusat dan kita Kabupaten Labuhanbatu masih menunggu kiriman vaksin tersebut.ucapnya. (zulkarnain)

Leave a Reply

%d bloggers like this: