Desa Cangkingan Jadi Desa Wisata Digital

koranwantara.com – INDRAMAYU

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI menganugerahi Desa Cangkingan Kecamatan Kedokanbunder sebagai Desa Wisata Digital tahun 2021.

Piagam penghargaan ditandatangani langsung Menteri Sandiaga Uno dan diserahkan Bupati Indramayu,Nina Agustina,kepada Kuwu Cangkingan Didi Wahyudi, pada pembukaan Bazar Kampung Ramadhan, Senin 4 April 2022.

Bupati Indramayu Nina Agustina menjelaskan, dengan penghargaan yang diberikan ini merupakan bukti desa mampu untuk menggali berbagai potensi baik sumber daya alam (SDA) maupun sumber daya manusia (SDM) menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat.

Penghargaan yang diberikan diharapkan dapat menjadi pemacu bagi daerah lainnya di Kabupaten Indramayu untuk terus mengembangkan potensi yang dimilikinya.

Sementara itu Camat Kedokanbunder, Atang Suwandi menjelaskan, branding Desa Cangkingan sebagai Desa Digital harus terus berkembang. Bahkan berbagai peluang yang ada bisa dimanfaatkan dengan maksimal.

Dengan mengembangkan Desa Wisata Digital, Desa Cangkingan bisa menjadi tujuan wisata baru di Kabupaten Indramayu. Wisata yang ditawarkan bisa berupa edukasi digital, enterpreuner digital, jelajah desa digital, dan bentuk lainnya.

Atang menambahkan, dengan mengembangkan Desa Wisata Digital, Desa Cangkingan pada saat bersamaan juga bisa mengembangkan ekonomi kreatif dengan melibatkan masyarakat melalui pola pemberdayaan.

“Kita harus bersinergi bersama dengan semua pihak agar program Lebu Digital atau Ledig yang merupakan program unggulan Bupati Indramayu ini bisa dirasakan bersama. Bukan hanya Desa Cangkingan, kita support desa lainnya juga. Saat ini kami juga tengah siapkan Desa Kedokanagung sebagai desa wisata dengan memaksimalkan peran BUMDes, semoga tujuan kita untuk mewujudkan Kedokanbunder Hebat Indramayu Bermartabat bisa segera terealiasi,” tegas Atang, Senin 4 April 2022.

Leave a Reply

%d bloggers like this: