DPRD KABUPATEN BELITUNG TIMUR KONSULTASI BUMD DI KOTA BEKASI

koranwantara.com – KOTA BEKASI

Komisi 2 DPRD Kabupaten Belitung Timur mengunjungi Pemerintah Kota Bekasi dalam rangka kunjungan kerja terkait Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Pressroom Humas, Kamis (24-03-2022). 

Pemimpin rombongan sekaligus Ketua DPRD Kab. Belitung Timur, Mirza Saputra menjelaskan tujuannya datang untuk mengetahui tentang BUMD yang ada di kota Bekasi. 

” Kedatangan kami ingin mengetahui sudah berapa perusahaan yang tergabung dalam BUMD dan seperti apa manajemennya di Kota Bekasi karena seperti diketahui bersama kemajuan BUMD merupakan kebanggaan tersendiri sebab salah satu bagian dari Kota Tersebut “

 Beliau kemudian menjelaskan permasalahan yang tengah dihadapi di BELTIM semenjak perpindahan kepengurusan yang baru. 

” Saat ini Kondisi BUMD di Belitung Timur sedang mengganti kepengurusan baru karena sebelumnya kepengurusan yang lama sudah mencapai 5 tahun “

” Dengan adanya kepengurusan baru tentu saja mereka ingin melibatkan DPRD, namun sayangnya masih ada persoalan yang ditinggalkan oleh kepengurusan lama sehingga DPRD pun harus berhadapan dengan audit “

” Oleh sebab itu, keadaan kami (DPRD) saat ini memiliki kekhawatiran dengan kepengurusan yg lama dengan meninggalkan persoalan, kami sendiri ingin seperti Kota Bekasi saling bersinergis antara legislatif dan yudikatif. Seperti apa proses yang dilakukan oleh Pemkot Bekasi dengan DPRD ? ” Tutupnya mengakhiri sambutan. 

Bergantian memberikan sambutan Analis Kebijakan Sub Koordinator Bina BUMD dan BLUD Bagian Perekonomian Setda Kota Bekasi, Fajar Triawan menyambut kedatangan rombongan didampingi stafnya. 

” Selamat datang di Kota Bekasi, Terima kasih karena telah memilih Kota bekasi sebagai rujukan studi banding, BUMD sendiri memberikan manfaat besar bagi perkembangan perekonomian daerah “

Fajar kemudian menjelaskan bahwa ada 6 BUMD di Kota Bekasi diantaranya :

• PDAM Tirta Bhagasasi dengan layanan 86.000 sambungan yang ada di Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi;
• Khusus Kota Bekasi ada Perumda Tirta Patriot dengan layanan 38.000 sambungan;
• BPRS (Bank Syariah  Patriot) dengan sejarah memiliki peringkat terbaik kategori bank syariah;
• PT. Sinergi Patriot memiliki usaha di bidang gas hilir seperti jaringan gas;
• PD Migas dari sektor hulu dengan kegiatan eksplorasi sumur gas di tengah kota dari tahun 2019;
• PT Mitra Patriot dengan awalnya bidang transportasi  dengan armada 20 dari pemda setempat dan 7 armada bantuan subsidi dari provinsi jabar. 

Acara dilanjutkan dengan dialog interaktif, foto bersama, dan pemberian cinderamata dari Pemerintah Kota Bekasi dengan DPRD Kab. Belitung Timur. 

Leave a Reply

%d bloggers like this: