Hj.deni, pilkades serentak di ikuti sebanyak 20 desa di 5 kecamatan di wilayah kabupaten pulpis

koranwantara.com – PULANG PISAU

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng), akan laksanakan pada 18 Mei 2022.

Desa yang mengikuti Pilkades serentak tersebut, sebanyak 20 desa di 5 kecamatan di wilayah Kabupaten setempat.

Itu disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Pulang Pisau, Hj Deni Widanarni, saat dikonfirmasi sejumlah awak media, (25/3/2022 di ruang kerjanya.

“Secara umum Pilkades serentak tahun ini dilaksanakan oleh 20 desa di 5 kecamatan. Saat ini tahapan demi tahapan sedang berjalan, hingga pada hari H Pilkades pada tanggal 18 Mei tahun ini,” ujar Hj Deni sapaan akrabnya.

Dia mengingatkan kepada seluruh Panitia Pilkades serentak tahun 2022 ini, dalam menjalankan tugasnya harus berpedoman pada aturan perundang-undangan yang berlaku.

“Artinya, panitia pilkades dan pihak terkait lainnya harus mematuhi pedoman tentang tata cara pelaksanaan pilkades dan regulasi yang telah di tetapkan berdasarkan aturan yang berlaku,” pesannya.

Dirinya mengungkapkan, pada tahun sebelum nya pilkades serentak juga pernah dilaksanakan. Meski pada saat itu, katanya, Pendemi Covid-19 meningkat.

“Saat ini masih dalam suasana pandemi, walau agak melandai, dan pelaksanaan Pilkades tetap mematuhi protokol kesehatan ( Prokes) .Pelaksanaan pemungutan suara yang di maksimalkan dalam satu Tempat pemungutan Suara (TPS) sebanyak 500 pemilih/ suara dengan sistem bergantian sesuai jam yang sudah di tentukan oleh panitia Pilkades,” terangnya.

Dia juga berpesan, nantinya bagi para kades terpilih agar dapat melaksanakan tugasnya sesuai visi-misi serta sesuai harapan masyarakat setempat / menjalankan amanah sesuai peraturan yang berlaku jangan sampai menyalahgunakan kepercayaan yang diberikan.

“Dalam Pilkades serentak tahun 2022 ini, diharapkan tidak ada intervensi dari pihak manapun, dalam pelaksanaanya, panitia harus mengedepankan profesionalitas tanpa ada keperpihakan kepada calon tertentu, sehingga pelaksanaan pilkades akan menghasilkan kinerja yang berkualitas,” pesannya lagi.(M.sapawi)

Leave a Reply

%d bloggers like this: