Dinsos Kabupaten Bekasi Sosialisasi Rumah Singgah

koranwantara.com – CIKARANG PUSAT

Dinas Sosial Kabupaten Bekasi melalui Bidang Rehabilitasi Sosial mensosialisasikan keberadaan Rumah Singgah dalam penanganan PMKS/PPKS tahun 2022.

Keberadaan rumah singgah sangat penting untuk menampung penyandang masalah kesejahteraan sosial.

“Ya jumlah rumah singgah ada satu yang terletak di Desa Sumberjaya Kecamatan Tambun Selatan dengan kapasitas bisa menampung delapan klien,” ujar Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Yanuar, SH, M.MPd pada Senin (21/03).

Yanuar mengungkapkan, pada satu tahun 2019, Dinas Sosial Kabupaten Bekasi telah menampung sebanyak 60 klien PMKS/PPKS dengan batas waktu beberapa hari. Namun sepanjang tahun 2021, Dinsos hanya menampung sebanyak 25 klien.

“Sesuai dengan SOP itu batas minimal 3 hari dan maksimalnya 7 hari, untuk shelter,” jelasnya.

Jika keberadaan rumah singgah penuh, lanjut Kabid Rehabilitasi Sosial itu, maka klien PPKS direkomendasikan dipindahkan kepada tiga yayasan yang telah disediakan.

“Kalo UPTD rumah singgah penuh, maka, klien PPKS direkomendasikan ke Yayasan Al Fajar Berseri, Yayasan An Nuriyah dan Yayasan Anugerah Kasih dan Pengharapan,” katanya.

Sebelumnya, bertempat di Hotel Grand Cikarang Kawasan Industri Jababeka, Dinas Sosial Kabupaten Bekasi melalui Bidang Rehabilitasi Sosial menyelenggarakan Kegiatan Sosialisasi Peran Rumah Singgah Dalam Penanganan PMKS/PPKS Tahun 2022.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bekasi Drs. H. Endin Samsudin, M.Si didampingi Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Yanuar, SH, M.MPd dan Kepala UPTD Rumah Singgah Marsad, S.Pd.I.

Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut adalah para Kepala Seksi Trantib, Kepala Puskesmas, Tenaga Kesejahteraan Sosial Pendamping Disabilitas (TKSPD), Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamata (TKSK) dan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) se-Kabupaten Bekasi serta Perwakilan Panti Rehabilitasi Sosial Al Fajar Berseri, Anugerah Kasih dan juga Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Annuriyah, dengan Narasumber dari Pekerja Sosial bidang Akademisi.

Reporter : Gilang

Leave a Reply

%d bloggers like this: