Disperindagkop Gelar Operasi Pasar Harga Minyak Goreng Rp13.500 perliter

koranwantara.com – PULANG PISAU

Lonjakan harga bahkan kelangkaan minyak goreng di sejumlah daerah menjadi polemik ditengah – tengah masyarakat.

Akibat lonjakan harga serta kelangkaan yang terjadi dalam beberapa bulan terkahir terakhir ini, membuat masyarakat merasa terbebani.

Bagaimana tidak, minyak goreng sendiri diketahui bersama merupakan salah satu kebutuhan pokok untuk keperluan rumah tangga yang bersifat prioritas.

Di wilayah Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng), sendiri diketahui harga pasaran minyak goreng berkisar antara Rp 15 hingga 30 ribu rupiah perliter (harga berdasarkan wilayah).

Menyikapi hal tersebut, Pemkab Pulang Pisau melalui Disperindagkop setempat mengambil langkah tepat, dengan menggelar Operasi Pasar yang dijadwalkan pada 1 Maret 2022 bulan depan.

“Atas lonjakan harga bahkan kemungkinan ada kelangkaan minyak goreng, kita per 1 Maret nanti menggelar operasi pasar ditiga titik lokasi, seperti di Halaman Kantor Disperindagkop, GPU/GOR Pulang Pisau dan di Pasar Mingguan Desa Gohong,” kata Kadisperindagkop dan UKM Pulang Pisau, Elieser Jaya, kepada awak media, Jumat (25/2/2022) di ruang kerjanya.

Melalui Operasi Pasar tersebut, terangnya, Disperindagkop dan UKM menyediakan khusus minyak goreng kemasan sederhana sebanyak 5000 ribu liter yang akan di salurkan ke dua kecamatan di wilayah Kabupaten Pulang Pisau (Kahayan Hilir dan Sebangau Kuala).

Untuk Kecamatan Kahayan Hilir sendiri, lanjut Elieser, dengan kemasan sebanyak 3500 liter sedangkan Kecamatan Sebangau Kuala sebanyak 1500 liter.

Khusus penyaluran di wilayah Kecamatan Kahayan Hilir, untuk Desa Anjir Pulang Pisau, Hanjak Maju dan Kelurahan Pulang Pisau akan dilaksanakan di halan GPU atau GOR HM Sanusi Jalan Panunjung Tarung, Kota Pulang Pisau.

Selanjutnya, masih bagian Kecamatan Kahayan Hilir, untuk Desa Mantaren I dan Mantaren II akan digelar di Halaman Kantor Disperindagkop Jalan Wadduha Komplek Perkantoran Pulang Pisau.

Dan, untuk wilayah Desa Gohong dan Kelurahan bereng akan dilaksanakan di Desa Gohong, tepatnya di lingkungan pasar Mingguan Desa Gohong.

“Operasi pasar kali ini dilaksanakan khusus menyediakan Minyak goreng kemasan dengan pembagian per kepala keluarga (KK) 2 liter dengan harga Rp 13.500,00 perliter. Artinya, kalau 1 orang KK mendapat 2 liter jadi dengan biaya tukar sebesar Rp 27.000,00,” jelasnya.

Elieser Melanjutkan melalui Operasi Pasar ini diharapkan bisa membantu warga masyarakat Pulang Pisau guna menyikapi terjadinya Kelangkaan Minyak Goreng yang saat ini tengah terjadi di Semua wilayah.

Sementara, untuk wilayah Kecamatan Sebangau Kuala akan di salurkan pada tanggal 2 Maret 2022, yang secara teknis penyalurannya Camat setempat mengaturnya.

“Khusus di Sebangau Kuala untuk proses penyaluran dan titik baginya kita serahkan kepada Pak Camat setempat, yang pastinya tanggal 2 Maret itu akan kami Salurkan,” kata Elieser.

Dia menambahkan bahwa kegiatan Operasi Pasar tersebut sudah bersinergi dengan pihak Satgas Covid 19 Pulang Pisau. Dimana, katanya, pada rangkaian operasi pasar yang digelar Disperindagkop dan UKM Pulang Pisau, juga ada kegiatan vaksinasi untuk menggenjot capaian vaksinasi.

“Pelaksanaan Operasi Pasar ini akan digelar secara serentak pada tanggal 1 Maret Pukul 08.WIB hingga barang habis,” pungkasnya.(M.sapawi)

Leave a Reply

%d bloggers like this: