Gugus Tugas Covid-19 Labuhanbatu Mengikuti Rakor 3T

koranwantara.com - Labuhanbatu

Gugus tugas Covid-19 Kabupaten Labuhanbatu dipimpin langsung Bupati Labuhanbatu, dr. H. Erik Adtrada Ritonga, MKM, mengikuti Rapat Kordinasi (Rakor) Pelaksanaan Giat Testing, Trecing dan Treatment (3T) di aula Tunggal Panaluan Polres Labuhanbatu jalan Wr. Supratman Rantauprapat Kecamatan Rantau Utara, Senin (14/2/2022).

Rakor tersebut digelar secara daring yang diikuti seluruh gugus tugas Kabupaten dan Kota se-provinsi Sumatera yang dipimpin langsung oleh Gubernur Sumatera Utara H.Edy Rahmayadi, didampingi Kapolda Sumut Irjen. Pol. RZ. Panca Putra Simanjuntak, M.Si, , Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Hasanuddin, Kepala Lantamal Belawan Kolonel Laut (P).Johanes Djanarko Wibowo, dan Kajatisu Ida Bagus Nyoman Wiswantanu SH, MH,.

Rakor kali ini perihal pembahasan perkembangan dan penanggulangan kasus covid-19 dan evaluasi PPKM di Provinsi Sumatera Utara.Tujuan diadakannya Rakor 3T atau lebih disebut dengan tindakan melakukan tes COVID-19 (testing), penelusuran kontak erat (tracing), dan tindak lanjut berupa perawatan pada pasien COVID-19 (treatment) adalah salah satu upaya utama penanganan COVID-19.

Mengawali agenda, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi berpesan seluruh elemen lapisan masyarakat dan pemerintah daerah Untuk memberikan dukungan upaya 3T ini, salah satunya dengan bersedia melakukannya dan stop stigma pada pasien COVID-19. Selain itu, terus disiplin 3M (Memakai masker dengan benar, Menjaga jarak dan hindari kerumunan, Mencuci tangan pakai sabun dengan rutin), dan siap divaksinasi saat vaksin siap. Gubsu menegaskan setiap satgas yang ada di Kabupaten dan Kota untuk memperketat Prokes kepada masyarakat, ” Aktifkan kembali satgas Covid-19 hingga kedesa-desa” tegasnya.

Diharapkan Gubernur seluruh satgas untuk benar-benar melakukan tugasnya, mengawasi dan mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 yang sekarang meningkat dengan varian virus baru Omicorn. Rangkaian kegiatan tersebut diisi dengan laporan perkembangan varian virus Covid-19 dari setiap Kabupaten/Kota se Provinsi Sumatera Utara.

Diketahui untuk dilabuhanbatu ada 15 puskesmas, satu Klinik Polres Labuhanbatu dan satu Klinik Kodim yang dijadikan faskes pelaksana vaksinasi Covid-19, setiap faskes faksinasi terdiri dari Penanggung jawab, Petugas pendaftaran, Petugas Screening, vaksinator dan Petugas Administrasi. Dengan total keseluruhan 232 petugas nakes.

Sementara untuk kondisi kasus terkonfirmasi diKabupaten Labuhanbatu hingga 13 Februari tercatat ada 20 kasus aktif, dan empat belas hari terakhir tercatat 21 kasus aktif tanpa kematian. Untuk mengantisipasi kenaikan jumlah kasus, satgas Covid-19 Labuhanbatu telah melakukan pencanangan vaksinasi dosis tiga Dihalaman kantor Bupati Labuhanbatu dengan sasaran Masyarakat dan Remaja, tahap kesatu untuk tenaga Kesehatan , Anak-anak usia 6-11 tahun, Tahap kedua bagi petugas publik, dan boster.

Adapun jumlah dosis vaksin yang diterima Kabupaten Labuhanbatu sebanyak 461.324 dosis, Terpakai 373, 494 dosis dan sisa stok 2300 dosis.

Hadir mengikuti Rapat Kordinasi dimaksud, Kapolres Labuhanbatu AKBP Anhar Arlia Rangkuti, Bupati Labuhanbatu dr.H.Erik Adtrada Ritonga, MKM, Dandim 0209/lb Letkol Inf Asrul Kurniawan Harahap.Bupati Labusel H.Edimin, Wakil Bupati Labura H. Samsul Tanjung, ST, MH, dan satuan gugus tugas se- Kabupaten Labuhanbatu Raya. (zulkarnain)

Leave a Reply

%d bloggers like this: