Kaum Laki-laki Juga di Ikut Sertakan dalam pengrajin rotan uwei pambelum

koranwantara.com – Pulang Pisau

Kelompok Pengrajin Anyaman Rotan Uwei Pambelom yang ada di Desa Gohong, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau, berencana ingin mengajak para kaum laki-laki diikut sertakan dalam bidang produksi, Minggu 6/2/2022

kelompok yang beranggotakan 19 orang dan hanya di dominasi oleh kaum ibu-ibu ini, terkadang masih butuh tenaga untuk membuat karya kerajinan anyaman rotan yang berbeda.

Tuti Salah Satu Ketua kelompok pengrajin Rotan Uwei Pambelum Mengatakan produksi kerajinannya tidak hanya mengandalkan ibu-ibu tapi nanti bapak-bapak atau remaja yang nganggur, untuk membuat produk berbeda seperti keranjang, kap lampu atau semacamnya dari hati rotan atau bisa kita sebut pitrit,” ucap Nya

“Karena sementara ini kita hanya menganyam sembilunya. Tapi harus ada pelatihannya dulu. Jadi untuk swadaya aja dari biaya pelatihan dan pembahanannya. kita juga masih melihat kondisi keuangannya dulu,” ucapnya.

Tuti mengatakan, dengan adanya kegiatan aktivitas ini tentunya bisa membantu perekonomian keluarga. Apalagi kalau melihat masyarakat disini sebagian beroperasi sebagai petani karet, kalau musim hujan tidak bisa kerja ke kebun.

Ia Berharap kedepannya bisa lebih berkembang. Apapun perkerjaan selalu membawa manfaat, kami dari kecil sampai berkeluarga hidup dari hasil rotan Ungkap nya.

Ada pun harapan kades gohong (epansyah ruhaldi) mengatan saat d konfirmasi via WhatsApp,. Harapanx mudah mudahan lebih maju dan sukses serta dukungan dari dinas terkait untuk pemasaran kerajinan rotan agar lebih di kenal daerah lain, ucapnya.
(M.sapawi)

Leave a Reply

%d bloggers like this: