Operasi Mata Katarak agar Terhindar dari Kebutaan, ini kata plt kadinkes kabupaten pulang pisau

koranwantara.com – Pulang Pisau

Plt Kadinkes Pulang Pisau, drg Sopiyah (kiri baju hitam) bersama Dirut RSUD Pulang Pisau, dr Muliyanto Budihardjo (kanan), saat mendampingi Bupati Pulang Pisau, Pudjirustaty Narang (tengah) pada pelaksanan operasi mata katarak.

PULANG PISAU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau melalui Dinas terkaitnya, dalam hal ini Dinas Kesehatan (Dinkes) dan RSUD Pulang Pisau, telah melaksanakan kegiatan Bakti Sosial (Baksos) Operasi Mata Katarak secara gratis.

Operasi mata gratis itu, bertujuan untuk membantu masyarakat, agar terhindar dari kebutaan.

Sebab, penyakit katarak apabila tidak diobati dapat menyebabkan kebutaan secara permanen.

“Dari itu Pemkab kita hadir untuk membantu masyarakat dengan menggelar operasi mata katarak secara gratis,” kata Plt Kadinkes Pulang Pisau, drg Sopiyah kepada awak media ini, Minggu (29/1/2022).

Dalam pelaksanaannya, kata Sopiyah, pihaknya bekerjasama dengan Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami), Klinik Mata Tambun Bungai, Perdami, dan pihak perbankan daerah setempat, yakni Bank Kalteng Kantor Cabang Pulang Pisau.

“Untuk jumlah yang mengikuti operasi mata katarak tadi sebanyak 80-100 orang seluruh kecamatan dan desa di Kabupaten Pulang Pisau, bahkan ada dari Kabupaten Gunung Mas,” katanya.

Ia menambahkan, masyarakat yang menjalani operasi mata katarak ini sebelumnya sudah dilakukan skrining terlebih dahulu sehingga pada saat dilakukannya operasi tidak ada masalah dengan kesehatannya.

“Dan tim medis yang melakukan operasinya pun berasal dari Bandung Banjarmasin, Palangka Raya dengan menggunakan standar operasi yang sama dengan RS di Jakarta,” ungkapnya.

Sebelumnya, Bupati Pulang Pisau, Pudjirustaty Narang membuka dan sekaligus mengapresiasi kegiatan tersebut.

Dimana, menurut orang nomor satu di Kabupaten berjuluk Bumi Handep Hapakat itu, kegiatan tersebut tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Dia juga berharap kegiatan ini berkelanjutan di lain waktu, karena dengan adanya operasi mata katarak gratis tentu sangat membantu masyarakat untuk produktif kembali.(M.sapawi)

Leave a Reply

%d bloggers like this: