Menko Polhukam: Tiga Peristiwa di Maluku dan Papua bukan Konflik SARA

wantaranews.com – jakarta

Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) dapat menjadi simpul penting dalam persatuan dan kesatuan bangsa. Sehingga, melalui organisasi itu dapat menimbulkan kekuatan bangsa yang dapat membuat kehidupan masyarakat menjadi harmonis. 

Ini penting dilakukan, sebab Indonesia memiliki beragam suku, agama, dan budaya.

“Kita harus sadar bahwa negara kita adalah negara yang majemuk,” ujar Presiden Joko Widodo ketika membuka Musyawarah Nasional Korpri ke-9 secara virtual pada Jumat (28/1/2022). 

Menurut Presiden, keberadaan aparatur sipil negara (ASN) di pelosok tanah air harus senantiasa mendorong setiap lapisan masyarakat menjalin tali persaudaraan yang solid. Melalui berbagai pendekatan yang dilakukan kala, melayani kebutuhan masyarakat. 

“Korpri harus menjadi kekuatan yang mempersatukan bangsa untuk membangun tatanan kehidupan masyarakat Indonesia yang harmonis,” imbuh Presiden. 

Tak hanya itu, sosok ASN yang memiliki kualitas juga diperlukan di setiap daerah. Hal itu dapat diwujudkan dengan cara memfasilitasi lingkungan kerja dari ASN. Sehingga, para aparatur pemerintah dapat senantiasa mengembangkan diri. 

“ASN perlu difasilitasi lingkungan kerja yang smart, yang nyaman, yang produktif,” kata Presiden. 

Kemudian, diberikan pelatihan berdasarkan tuntutan perkembangan zaman secara berkala dalam beberapa waktu. Ini penting, untuk mengasah kemampuan dari ASN menjadi lebih baik dari waktu ke waktu mendatang. 

“Talenta-talenta unggul perlu diasah dengan baik dengan pendidikan dan pelatihan yang berkualitas dan berstandar dunia,” pungkas Kepala Negara. 

Leave a Reply

%d bloggers like this: