Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Akan Kembangkan Destinasi Wisata Bertaraf Internasional

koranwantara.com – Musi Rawas

Kabar gembira bagi anda yang berada di kawasan Kabupaten Musi Rawas (Mura), Kota Lubuklinggau, Kabupaten Musi Rawas Utara dan sekitarnya tidak harus pergi jauh melancong ke luar daerah untuk melihat dunia dan berswa foto di tempat wisata. Karena daerah kita punya banyak tempat wisata. Seperti disampaikan Kabid Objek Wisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Musi Rawas,Sumatera Selatan, Widya Lismayanti,SP, (Jumat, 21/1/2022)

Perempuan muda dan enerjik yang juga dikenal dengan nama Widya Ishak diketahui cukup rajin mengupload status di laman sosmed terutama Facebook tentang indahnya panorama tempat wisata di Bumi Lan Serasan Sekentenan alias Musi Rawas.

“Kita punya banyak tempat wisata yang tidak kalah dengan daerah lain. Bahkan kita punya destinasi wisata level internasional yang akan kita kembangkan”, tulis Widya Ishak penuh optimis.
Lantas Widya menyebutkan obyek wisata Air Terjun Telung Tinggi di Desa Sukaraya Baru Kecamatan STL Ulu Terawas Kabupaten Musi Rawas.

Air terjun Telung Tinggi lokasinya berada di dalam wilayah TNKS (Taman Nasional Kerinci Seblat), salah satu situs warisan dunia (World Heritage Site) yang sudah diakui oleh UNESCO.

Sama dengan Dusun Sri Pengantin yang pada tahun 2020 lalu dinobatkan sebagai Destinasi Unik Terpopuler ke-2 di Indonesia dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) Award, juga berada di kawasan TNKS

Ada juga Danau Suka Hati yang masih alami, dan terkesan sakral. Dengan air yang bening dan jernih. Berada tidak jauh dari Danau Aur yang tiap hari libur selalu ramai oleh pengunjung terutama saat libur NATARU (Natal dan Tahun Baru). Kedua tempat wisata ini berada di Kecamatan Sumber Harta, Musi Rawas.Ada pula Desa Wisata Tematik (Dewita) yaitu Desa Srimulyo, Kecamatan STL Ulu Terawas, Kabupaten Musi Rawas yang dinobatkan sbg Desa Wisata terbaik pertama se Sumsel untuk kategori Souvenir tahun 2021. Desa Srimulyo ini temanya wisata petualangan.

Juga ada Dewita, Desa J Ngadirejo, Kecamatan Tugumulyo, Kabupaten Musi Rawas, mengusung tema wisata Kampung Jawa di Tanah Melayu.

“Sektor pariwisata perlahan mulai bangkit seiring menurunnya pandemi Covid-19 dan bergesernya trend wisata yang sekarang lebih ke wisata alam, hutan dan desa-desa wisata. Semoga ini menjadi peluang bagi daerah Musi Rawas khususnya untuk menaikkan taraf ekonomi masyarakat melalui sektor pariwisata” harap Widya.

Ditambahkan Widya, pihaknya melakukan upaya dan kreasi dalam pengembangan wisata sebagai bagian tak terpisahkan dari mengimplementasikan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas Hj Ratna Machmud dan Hj Suwarti.

Sebab dengan tumbuh kembangnya pariwisata Musi Rawas diharapkan berkontribusi dalam menciptakan sumber ekonomi baru selain komoditi pertanian dan perkebunan yang sekian lama menjadi andalan Kabupaten Musi Rawas selama ini. Dengan demikian diharapkan dapat mempercepat kemajuan dan kemandirian wilayah Mura.

Menariknya seakan mengingatkan yang juga menyadarkan kita agar peduli dengan kehadiran obyek wisata di daerah sendiri, Widya juga menulis pesan pada status FBnya.

“Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan membanggakan dan mencintai wisata daerahnya. Ayo…bangga dengan wisata daerahmu sendiri”, tulisnya.seperti mengajak masyarakat supaya lebih mendukung dan mencintai wisata yang ada di wilayah ini (Binsar.S)

Leave a Reply

%d bloggers like this: