Camat Cibarusah Apresiasi Produk UKM Cibarusah Tembus Pasar Singapura

koranwantara.com – CIBARUSAH

Camat Cibarusah, Muhamad Kurnaepi memberikan apresiasinya terhadap para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) Cibarusah yang berhasil menorehkan prestasi yang sangat membanggakan. Hal itu karena beberapa produknya mulai menembus pasar ekspor.

Kurnaepi mengatakan, prestasi tersebut menjadi salah satu momentum kebangkitan ekonomi yang mampu membawa kemajuan yang sangat besar bagi para UKM di Kecamatan Cibarusah.

“Tentunya hal ini menjadi momentum ya karena kesempatannya mungkin tidak datang dua kali. Hal ini dapat menjadi pembuka jalur bagi para pelaku UKM lainnya agar bisa mengikuti jejak prestasi ini,” ucap Kurnaepi, Kamis (20/01/22).

Ketua Forum UMKM Cibarusah, Sulistyowati menjelaskan, bahwa pasar ekspor yang berhasil ditembus UKM Cibarusah adalah Super Market di Singapura melalui kurasi yang dilakukan oleh buyer yang bersangkutan.

“Iya jadi awalnya kami mengikuti bazar lalu ada buyer yang mencari produk dari Indonesia untuk diekspor ke Singapura kebetulan buyer ini memiliki super market disana lalu dilakukanlah kurasi,” katanya.

Dirinya juga menjelaskan, bahwa kerjasama antara UKM Cibarusah dengan buyer sangat sederhana tanpa perlu mengurus izin-izin yang berlaku. Sebab semua izin sudah diurus oleh buyer sehingga para pelaku UKM Cibarusah hanya memproduksi pesanan dengan jumlah yang telah disepakati.

“Kerjasamanya juga terbilang sangat sederhana, konsumen ini membayar cash lalu kita produksi pesanannya kemudian nanti produknya diambil. Jadi yang melakukan ekspor adalah yang bersangkutan,” ujarnya.

Adapun produk dan UKM Cibarusah yang berhasil menembus pasar ekspor adalah, UKM Marfuah MW Bakery (sus kering), UKM Rantica Serious Cake (browing), dan UKM Dede Firman D’snack (keripik pisang).

“Rencana hari Jumat depan akan diekspor ke Singapura. Kita berharap agar konsumen ini dapat lebih banyak lagi menyerap produk UKM dari Cibarusah,” ujarnya.(Gilang)

Leave a Reply

%d bloggers like this: