Indonesia Posisi Empat Dunia Capaian Vaksinasi COVID-19

koranwantara.com – Jakarta

Indonesia masuk ke peringkat empat sedunia dalam capaian vaksinasi COVID-19 masyarakatnya. Posisi pertama Tiongkok, India, dan Amerika Serikat, dan Indonesia melampaui Brazil.

Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, saat konferensi pers Senin (10/1/2022) mengatakan Tiongkok sudah menyuntikkan 1,2 miliar masyarakatnya, India 880 juta, dan Amerika Serikat 246 juta. Brazil sudah menyuntikkan sebanyak 166 juta.

“Minggu ini Indonesia berhasil naik ke peringkat empat dunia melampaui Brazil dari jumlah masyarakat yang divaksinasi, menembus angka 169 juta masyarakat Indonesia yang sudah di vaksinasi dosis pertama,” kata Menkes Budi Senin (10/1/2022).

Ia melanjutkan untuk status per 9 Januari 2022, jumlah vaksinasi COVID-19 di Indonesia sudah diberikan 288 juta dosis untuk sekitar 170 juta masyarakat dosis pertama dan 116 juta untuk dosis kedua.

Khusus untuk vaksinasi, kata Menkes Budi sudah hampir semua provinsi mencapai 70 persen. Pada minggu lalu baru memasuki capaian 70 persen vaksinasi adalah Provinsi Aceh dan Provinsi Kalimantan Barat.

Menkes Budi jug mengungkapkan masih lima provinsi di Indonesia lagi yang belum mencapai 70 persen suntikan pertama, yaitu Sumatera Barat, Sulawesi Barat, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

“Stok vaksin yang ada saat ini dipegang pemerintah ada 446 juta totalnya. Jadi kalau sudah disuntikan 288 juta, masih ada lebih dari 150 juta dosis yang kita bisa suntikan,” kata Menkes Budi.RD

Facebook Comments Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *