Jelang Nataru, Pemerintah Kebut Vaksinasi

koranwantara.com – jakarta

Untuk antisiapsi kesiapan jelang libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru), Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy kembali melanjutkan pengecekan lapangan.

Kali ini pada Kamis (23/12/2021), meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Taman Safari Indonesia. Setelahnya, dilanjutkan dengan pengecekan lalu lintas di Pos Pantau Satlantas Gadog, Jawa Barat.

“Hari ini saya mendampingi Bapak Kapolri di salah satu daerah di Jawa Barat untuk memantau pelaksanaan vaksinasi. Mudah-mudahan semuanya lancar dan terus kerja keras. Kalau targetnya belum maksimal, terus ditingkatkan kerjanya,” kata Menko PMM Muhadjir.

Pelaksanaan vaksinasi oleh TNI dan Polri tersebut dilakukan serentak di seluruh daerah di Indonesia.

Saat peninjauan, Menko PMK pun menyapa dan berdialog secara virtual dengan beberapa daerah yang juga tengah melaksanakan vaksinasi COVID-19 di posko-posko antisipasi jelang Nataru.

Vaksinasi adalah salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk menekan kasus COVID-19 dan untuk mengantisipasi munculnya varian baru Omicron di Tanah Air.

Meskipun secara nasional vaksin pertama sudah tembus 72-75 persen namun Menko PMK berharap, pelaksanaan vaksinasi bisa dipercepat lagi.

“Salah satu pembeda untuk perang melawan COVID-19 ini adalah mempercepat vaksinasi di seluruh Indonesia. Ini penting karena kalau orang sudah divaksin kalaupun terkena COVID-19 insyaallah tingkat keparahannya rendah, apalagi tingkat kematiannya bisa ditekan seminim mungkin,” kata Menko PMK Muhadjir.

Menurutnya, pelaksanaan vaksinasi mengambil peranan penting dari TNI dan Polri. Sehingga demikian, Muhadjir mengaku sangat mengapresiasi kerja keras dari Kapolri dan Panglima TNI beserta jajaran yang telah berjibaku mengupayakan pencapaian target vaksinasi sesuai arahan Presiden.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengamini bahwa vaksinasi merupakan salah satu strategi yang dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus Covid-19 selama Nataru. Ia menyebut TNI dan Polri telah menyiapkan gerai-gerai vaksinasi di sejumlah rest area serta tempat-tempat tertentu.

“Jadi kalau setelah penggunaan aplikasi PeduliLindungi terdeteksi ada masyarakat yang belum melakukan vaksin atau baru divaksin sekali tentunya akan kita berikan langkah-langkah vaksinasi,

Leave a Reply

%d bloggers like this: