Presiden: Pentingnya Mempercepat Ekosistem Masyarakat Digital

koranwantara.com – jakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka secara resmi Gerakan Akselerasi Generasi Digital yang diselenggarakan di Jakarta, pada Rabu (15/12/2021). 

“Gerakan Akselerasi Generasi Digital, pada pagi hari ini saya nyatakan dimulai dan dibuka,” ujar Presiden Jokowi. 

Pada kesempatan kali ini, Presiden mengatakan, gerakan ini sangat dibutuhkan dalam mempercepat ekosistem masyarakat digital ke depan. Sebab, akan membuat setiap program milik pemangku kepentingan terkait dapat bersinergi dalam mewujudkan hal tersebut. 

Dengan begitu, ekosistem masyarakat digital di dalam negeri dapat tercipta dengan sesuai harapan dalam waktu yang relatif lebih cepat. “Percepatan dalam rangka membangun sebuah ekosistem masyarakat digital ini akan segera bisa kita capai,” tuturnya. 

Melalui gerakan ini, tiga program unggulan yang sangat mendukung terciptanya ekosistem masyarakat digital dapat bersinergi dengan optimal. Tiga program yang dimaksud antara lain Merah Putih Fund yang diinisiasi oleh  Kementerian BUMN, Microcredential yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, dan Indonesia Digital Tribe yang diinisiasi oleh Najwa Shihab. 

“Kalau ini semuanya bergerak ada Indonesia Digital Tribe milik mba Nana,  talenta digital milik Mendikbud, dan permodalan melalui Merah Putih Fund, Saya yakin semakin cepat,” katanya. 

Atas terselenggaranya kegiatan ini, Presiden sangat menghargai upaya yang dilakukan oleh instansi pemerintah terkait bersama pemangku kepentingan. Hal ini akan membuka peluang bagi pelaku usaha digital di dalam negeri semakin berkembang. 

Adanya program yang sangat strategis ini akan membantu setiap pelaku usaha digital dalam negeri ke depan. Dengan begitu, akan menciptakan banyak pelaku usaha digital skala perusahaan dengan memiliki nilai kapitalisasi mencapai lebih dari USD1 miliar. 

“Memberikan suntikan kepada unicorn-unicorn agar bisa melompat ke level yang lebih tinggi,” pungkasnya. (M-GilangNawawi

Leave a Reply

%d bloggers like this: