Sudin KPKP-IPB Edukasi Budi Daya Lobster di Kelurahan Pulau Panggang

koranwantara.com – Jakarta

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kabupaten Kepulauan Seribu berkolaborasi dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan edukasi budi daya lobster kepada kelompok budi daya ikan (Pokdakan) binaan di Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara.

Kepala Suku Dinas KPKP Kepulauan Seribu, Devi Lidya mengatakan, kegiatan ini menindaklanjuti hasil kajian dari IPB yang menyatakan perairan Kepulauan Seribu, khususnya di kawasan perairan Pulau Karang Lebar, Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara sangat potensial untuk pengembangan budi daya lobster.

“Kawasan perairannya bersih dan minim endapan lumpur. Ini habitat yang baik dan potensial untuk budi daya lobster,” ujarnya, Sabtu (11/12).

Menurutnya, edukasi budi daya lobster ini melibatkan 30 peserta Pokdakan dari Pulau Pramuka dan Pulau Panggang. Adapun materi yang diberikan yakni, pengenalan bibit lobster, sistem budi daya, pendampingan, teknologi budi daya  hingga pengadaan bibit serta teknik baru budi daya lobster.

“Kami berharap di awal tahun sudah bisa dimulai dan lokasi budi daya ini nantinya bisa menjadi destinasi eduwisata baru di Kepulauan Seribu,” tandasnya.Rd

Leave a Reply

%d bloggers like this: