59 views

Cegah Migrasi Hama, Petani Diminta Lakukan Penyemprotan Insektisida Serentak

koranwantara.com – BOJONGMANGU

Memasuki Musim Tanam Rendeng tahun 2021, para petani di Desa Sukamukti Kecamatan Bojongmangu, mengikuti penyuluhan dan pengendalian organisme pengganggu tanaman, pada Rabu (08/12/2021).

Kegiatan tersebut dipandu oleh Petugas Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) dan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kecamatan Bojongmangu.

Koordinator PPL Kecamatan Bojongmangu Roup Gopur mengatakan, kegiatan penyuluhan kepada kelompok tani di wilayahnya rutin dilakukan terutama di saat musim tanam.

“Sebelum kami melatih dan mensosialisasikan aplikasi penggunaan pestisida secara bijaksana kepada petani, kami berikan pemaparan, agar memperoleh hasil optimal dengan cara aplikasi secara serentak dan melibatkan banyak orang,” ungkapnya.

Roup menjelaskan, penyemprotan insektisida secara bersamaan harus dilakukan oleh para petani untuk mencegah migrasinya hama dari satu lokasi ke lokasi lain.

“Petani harus betul-betul paham mengenai penggunaan pestisida berdasarkan prinsip 5T yaitu tepat sasaran, tepat jenis, tepat waktu, tepat dosis, dan tepat cara aplikasi. Aplikasi penyemprotan ini harus secara serentak agar tidak terjadi perpindahan populasi hama dari satu tempat ke tempat yang lain,” kata dia.RED

Leave a Reply

%d bloggers like this: