77 views

Kementerian ESDM Ajak Perusahaan Tambang Bantu Pulihkan Daerah Terdampak Erupsi Semeru

koranwantara.com – jakarta

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menerjunkan tim siaga bencana untuk membantu evakuasi dan pemulihan di daerah terdampak bencana erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian ESDM Ego Syahrial, melalui keterangan tertulis, Senin (6/12/2021).
Ego mengatakan, tim tersebut beranggotakan 104 personil yang terdiri dari 82 personil penyelamat, enam personel logistik, dan 16 personel medis.

“Tim siaga bencana dikerahkan dan bergerak cepat guna melakukan evakuasi dan pemulihan di wilayah terdampak erupsi Gunung Semeru. Kami akan bahu membahu dan terus berkoordinasi dengan instansi terkait agar proses recovery berjalan dengan lancar,” ujar Ego.

Sementara itu, Direktur Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Lana Saria mengatakan, bahwa telah ada 20 tim tanggap darurat dari 19 perusahaan tambang dan satu tim dari Forum Komunikasi Pemerhati Tambang Jawa Timur.

Kementerian ESDM mencatat ada 19 perusahaan, dan satu tim dari Forum Komunikasi Pemerhati Tambang Jawa Timur yang menurunkan tim tanggap darurat untuk membantu pemulihan dan evakuasi pada wilayah terdampak erupsi Gunung Semeru.

Tim tanggap darurat ini akan membantu pelaksanaan tindakan tanggap darurat, kebutuhan logistik, dan pemulihan kesehatan pada daerah terdampak erupsi.

Lana menambahkan pihaknya sudah meminta ke perusahaan untuk dapat memberikan kontribusi bantuan pada daerah terdampak erupsi Gunung Semeru, yakni untuk menyiapkan tim tanggap darurat, pemberian bantuan logistik kepada korban bencana, persiapan peralatan awal dan lanjutan apabila terjadi eskalasi erupsi Gunung Semeru.

Selain itu, tim siaga bencana Kementerian ESDM juga terus berkoordinasi dengan Posko Komando Operasi Penanganan Bencana, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Badan SAR Nasional. 

Sebelumnya, Gunung Semeru mengalami erupsi disertai awan panas guguran dan hujan abu vulkanik cukup tebal pada Sabtu (4/12).
Puluhan warga di Desa Sumberwuluh, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, dilaporkan mulai mengungsi akibat peristiwa tersebut.

 

Hujan abu vulkanik menyebabkan sejumlah wilayah di Kecamatan Pronojiwo dan Candipuro gelap seperti malam hari, sehingga pemerintah setempat akan membuka posko pengungsian di Kamar Kajang dan Pronojiwo.(M-GilangNawawi)

Leave a Reply

%d bloggers like this: