39 views

Bupati Musi Rawas Lantik H. Herry Achmadi Sebagai Sekdin Perkebunan

Koranwantara.com – Musi Rawas

Sejak dilantik dari tahun 2017 hingga 2021, camat kecamatan Megang Sakti, kabupaten Musi Rawas H. Herry Achmadi JS. S, STP akhirnya dilirik oleh bupati Musi Rawas Hj Ratna Machmud untuk mengisi jabatan sebagai sekretaris dinas Perkebunan kabupaten Musi Rawas. Jumat (24/09/2021).

Berbagai prestasi telah ditorehkan oleh sosok H. Herry Akhmadi JS selama menjadi Camat Megang Sakti, salah satunya yaitu program yang pro Rakyat, Tanah Objek Reforma Agraria (TORA).

Melalui Program TORA seluas 9 juta ha berpijak pada Nawacita Presiden yang disebutkan jelas pada Agenda ke-5 yakni Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia Indonesia. Hal ini lalu tertuang dalam RPJMN 2015-2019 yakni “Reforma Agraria melalui redistribusi tanah dan bantuan pemberdayaan masyarakat”. Realisasi TORA diawali dengan kesepakatan tiga menteri tentang yakni Kemen LHK, Kementan, dan BPN. Ketiga Menteri sepakat membentuk “Tim Percepatan Pencadangan Lahan untuk Investasi Pertanian (PPLIP)”.

Untuk program redistibusi, lahan berasal dari bekas HGU, tanah terlantar, tanah negara, pelepasan kawasan hutan, hutan produksi untuk konversi. Lahan ini diperuntukkan bagi buruh tani, petani gurem, masyarakat adat, nelayan, pemuda, dan perempuan. Pelepasan kawasan hutan (4,1 juta ha) merupakan alokasi 20% perusahaan perkebunan dari pelepasan kawasan hutan, dan seluas 2,1 juta Ha dari HPK di kawasan hutan yang tidak produktif khususnya diwilayah Megang sakti kabupaten Musi Rawas.

Program TORA Yakni di Desa Jajaran I dan Jajaran II Hampir 2000 Persil dan ditambah dengan Desa Mulyo Sari sekitar 300 Persil jadi Total keseluruhan 2300 Persil itu diberikan secara langsung kepada Masyarakat sebagai penerima.

Selanjutnya program Peremajaan Sawit di SP I, SP 2 sampai SP 6 serta Program kerja sama dengan Kelompok Tani untuk menjaga Kawasan Hutan melalui Usaha Ternak Lebah

Melalui program – program pro rakyat ini lah sosok Pak Herry nantinya akan mengembangkan buah pikiran nya di Dinas Perkebunan kabupaten Musi Rawas yang pastinya mewujudkan program Bupati dan wakil Bupati Musi Rawas dengan Tagline Musi Rawas mantab.

Saat dibincangi seusai pelantikan di auditorium Pemkab Musi Rawas oleh bupati Musi Rawas Hj Ratna Machmud dan wakilnya Hj Suwarti, H. Herry Achmadi mengatakan siap melanjutkan apa yang sudah menjadi target bupati Musi Rawas dengan program MANTAB nya.

” Selalu siap memberikan yang terbaik kepada masyarakat kabupaten Musi Rawas, ini adalah sebuah amanah yang dititipkan oleh bupati dan saya siap menjalankan amanah itu,” ujar Herry Achmadi.

Tanpa sungkan, Herry Achmadi menjelaskan, selepas pelantikan dirinya siap berkoordinasi dengan jajaran di dinas perkebunan untuk mencari formula yang paling tepat bagi masyarakat Musi Rawas.

Lanjutnya, buah pikiran, ide dan tenaga akan diberikan kepada masyarakat Musi Rawas. Dalam kesempatan itu Herry Achmadi mengucapkan selamat kepada rekan-rekan sejawat yang dilantik.

” Terimakasih kepada bupati atas kepercayaan yang diberikan, semoga bermanfaat dan ini menjadi ladang ibadah buat saya dan bupati,” tutup camat yang dikenal dekat dengan media ini. @ niko.n

Leave a Reply

%d bloggers like this: